PROFESSIONAL SERVER

Review Lenovo Yoga Book (YB1-X90F) Tablet Hybrid Android dengan Keyboard Halo




Banyak aktivitas bisa dikerjakan dengan mudah bila menggunakan laptop. Hanya saja ada beberapa kendala saat menggunakan laptop yaitu fleksibilitasdan portabilitas-nya yang kurang. Karena umumnya laptop yang berat dan lebar membutuhkan lebih banyak ruang. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan tablet untuk keperluan pekerjaan. Dan kini, tablet juga telah tersedia dalam bentuk hibrid yang dapat difungsikan seperti laptop seperti halnya Lenovo Yoga Book.

Lenovo Yoga Book tidak sekedar menghadirkan transformasi tablet dan laptop tapi juga kombinasi produktifitas dan hiburan. Perangkat hibrid antara laptop dan tablet ini merupakan perangkat Android yang menyertakan notepad dan pen stylus. Perangkat yang begitu ringan dan dapat ditekuk ini sekilas begitu mempesona dan futuristik dibanding tablet pada umumnya. Sebenarnya perangkat ini tersedia dalam 2 versi yaitu yang menggunakan OS Android dan yang menggunakan OS Windows 10. Yang PULSA bahas kali ini adalah yang versi Android. Seberapa hebat perangkat ini? Berikut sedikit ulasannya.




Paket Penjualan     : Handset, pen-stylus, refill pen, pin, paper pad, manual book, warranty card, charger, kabel data,

Warna                   : Hitam

Harga                    : Rp.6.999.000



 


Material Ringan dan Tipis



Lenovo mempromosikan perangkat ini sebagai perangkat 2 in 1 tertipis di dunia karena saat tertutup ketebalannya hanya 9,6mm dan saat terbuka bisa mencapai 4,05mm tipisnya. Gabungan aluminium dan magnesium membuat Lenovo Yoga Book meskipun begitu tipis namun tetap kekar dan kokoh saat dipegang atau digunakan. Kelebihannya, bagian layar dan bagian keyboard dapat disatukan hingga menjadi seperti tablet biasa.





Dengan berat 690 gram, tablet ini tergolong sangat ringan untuk tablet hibrid berukuran 10,1 inci. Pada sisi kiri keyboard terdapat port microUSB, port HDMI dan baki slot microSD yang mendukung hingga 128GB. Sedangkan pada sisi kanan keyboard terdapat port audio 3,5mm, tombol volume dan tombol power.



Untuk kamera depan (buat selfie) diletakkan di tengah layar.  Sedangkan kamera belakang, dalam posisi keyboard digunsikan akan terlihat dikanan atas keyboard. Jadi untuk memfungsikan kamera belakang, keyboard harus diputar kebelakang layar.



Antara layar dan keyboard disatukan oleh engsel berupa silinder-silinder panjang. Sekilas engsel tersebut terlihat seperti lembek, namun begitu diputar sedikit akan terasa bahwa engsel ini begitu kokoh dan stabil.

Integrasi Dengan Keyboard Halo

Perangkat ini menyertakan keyboard yang disebut keyboard halo. Keyboard halo merupakan layar sentuh iluminati yang kasar (tidak licin) yang mengeluarkan cahaya berupa garis putih pada tiap karakternya. Keyboard ini menyediakan 80 tuts virtual plus track pad. Keyboard halo ini juga menyertakan software yang mampu mengadaptasikan atau membaca kebiasaan penggunanya.

Agar tiap ketikan lebih nyata, keyboard ini dapat difungsikan dengan suara dan getaran saat diketikkan. Artinya fungsi tersebut dapat diaktifkan atau tidak tergantung keinginan penggunanya. Sayangnya, trackpad cukup terbatas (3,5x6,7cm) sekedar menjalankan kursor. Meskipun untuk zoom dan memblock bidang tertentu dapat dilakukan dengan 2 jari (agak sulit untuk permulaan) namun untuk gerakan seperti skrol Anda harus menggunakan layar sentuhnya. Artinya, dalam beberapa hari awal penggunaan Anda akan merasa kaku dalam mengoperasikannya.

Dukungan Real Pen (kombinasi stylus dan ballpoint pen)

Bila Anda mematikan fungsi keyboatd halo, maka cakupan area layar dapat digunakan untuk meletakkan paper pad (magnetic pad) yang nantinya digoreskan dengan real pen. Real pen tersebut terdiri dari isi pen dan wadahnya sehingga Anda dapat menggunakannya untuk menulis di kertas. Letakkan secarik kertas pada layar, maka apapun yang Anda tuliskan akan diterjemahkan 1:1 ke tablet. Anda dapat melakukan refill tinta jika tintanya sudah habis (tersedia 3 refill pada paket pembelian). Konon pen ini memiliki 2.048 level tekanan yang memungkinkannya menghadirkan keakuratan dalam guratan yang Anda buat.



Layar Full HD IPS LCD Dengan Kecerahan 400 nits

Dengan ukuran layar 10,1 inci, perangkat ini dibanderol relatif murah. Dengan resolusi layar 1920x1200, perangkat ini menggunakan densiti 224 ppi. Artinya, untuk tingkat respon masih lumayan bagus. Demikian juga multisentuh yang dapat digunakan adalah 10 titik secara bersamaan.



Untuk tingkat kecerahan, layar perangkat ini bisa mencapai 400 nits. Perangkat ini secara default menggunakan wallpaper berwarna gelap sehingga kesan awal, tingkat kecerahannya seperti rendah. Namun saat tingkat kecerahan dinaikkan ternyata tidak demikian. Anda dapat menaikkan tingkat kecerahan dalam level yang menyilaukan.






Kelebihan

Kekurangan



•Desain elegan
•Stylus dengan akurasi tinggi
•Keyboard inovatif

•Tidak ada slot SIM Card
•Track pad terbatas




 


Android Marshmallow Standard

Lenovo Yoga Book menggunakan UI dasar bawaan Android Marshmallow. Artinya, semua bentuk menu, aplikasi, widget dan wallpaper bawaan asli Android 6.0 dapat Anda nikmati. Bedanya dengan Android Marshmallow yang ada di ponsel adalah adanya multitasking yang terlihat sedikit lebih baik. Anda dapat membuat tampilan multitasking dalam ukuran kecil atau selebar ukuran layar.



Untuk mematikan aplikasi yang masih berjalan cukup dengan membuangnya ke layar atas. Keunikan yang dapat Anda rasakan adalah saat beralih dari menggunakan keyboard dan berpindah ke format real pen.


CPU Quad-core & RAM 4GB

Menggunakan prosesor Intel Atom Z8550 X5 Quad-core 2,4 GHz, tablet ini diperkuat RAM 4GB dan internal memory 64GB sehingga sejumlah aplikasi atau dokumen dapat dijalankan secara paralel tanpa masalah. Eksternal storage dapat ditambahkan hingga 128GB lewat slot microSD. Tampaknya alasan penggunaan prosesor Intel ini untuk mengakomodir penggunaan OS Windows sehingga tablet dapat dijalankan dengan OS yang berbeda.



Untuk penggunaan harian, dengan prosesor, RAM dan storage demikian, saat pengujian tidak ditemukan masalah atau hang ketika menjalankan transisi aplikasi. Pengujian menjalankan game Aspalt 8 Airborne tidak ditemukan masalah atau lag. Bila dibandingkan dengan Pixel C yang menggunakan prosesor Nvidia Tegra X1, Yoga Book tidak mengecewakan meskipun tidak terlalu istimewa.





Lenovo menjanjikan Yoga Book mampu memberi ketahanan baterai hingga 15 jam untuk penggunaan full konektifitas. Dengan baterai 8.500 mAh, pengujian tablet ini dapat digunakan setengah hari secara penuh dengan menjalankan full konektifitas dan full hiburan. Hasil pengujian dengan beberapa aplikasi benchmark yang dilakukan oleh PULSA bisa Anda lihat pada tabel.




Multimedia

Untuk fitur hiburan atau multimedia, ponsel ini juga menyematkan aplikasi pemutar musik yang menngelompokkan koleksi lagu berdasarkan playlist, judul, artis, album serta folder. Aplikasi dapat melakukan scan semua file audio yang terdapat pada tablet dan dikelompokkan berdasarkan kategori tadi. Untuk audio, Lenovo menyematkan kemampuan sertifikasi Dolby Atmos yang memungkinkannya menghasilkan suara terbaik. Meskipun ukurannya sangat tipis, namun keluaran suara dari speaker yang diletakkan dikedua sisi sangat memuaskan.



Untuk pemutar video, tablet ini menyertakan player yang mampu memainkan filem HD dengan lancar, bening dan jelas serta tanpa gangguan. Meskipun video player tersebut terasa sangat sederhana dengan fitur yang terbatas. 




Konektifitas Mengandalkan WiFi

Sebagai pure tablet, untuk konektifitas Lenovo Yoga Book mengandalkan WiFi, Bluetooth dan kabel data untuk bertukar data. Konektifitas WiFi yang didukung adalah versi 11a/b/g/n dan yang terbaru ac. Untuk urusan sensor, tablet ini memiliki sensor vibrator, G-sensor, ambient light sSensor, hall sensor, GPS dan A-GPS. Pengujian aplikasi navigasi seperti Google Maps, dapat berjalan lancar.



Sedangkan kabel data dan konektor yang digunakan merupakan USB Type C yang sanggup mengantarkan data hingga dua kali lebih cepat dari USB 3.0 serta sanggup mempersingkat waktu pengisian daya berkat kemampuan mengalirkan tegangan dan arus yang meningkat dari 5v/1.8A menjadi 20v/5A.


Performa Kamera



Untuk kamera, Yoga Book menyediakan kamera belakang 8MP (3260x2448 pixel) dan kamera depan 2MP (1080x1920 pixel). Wajar rasanya bila tablet ini menggunakan resolusi demikian karena memang tidak dikhususkan untuk photography. Pengaturan yang tersedia untuk kamera juga termasuk standard. Namun setidaknya kebutuhan untuk jeprat jepret standard sudah lebih dari cukup.

Indoor





Outdoor






 


Kesimpulan:

Lenovo Yoga Book cukup menjanjikan sebagai perangkat yang mengkombinasikan produktifitas dan hiburan. Beragam kemampuan mulai dari kestabilan performa, desain yang inovatif hingga keyboard halo dan real pen jadi nilai lebih. Meskipun masih terasa belum mencukupi untuk dijadikan pengganti laptop namun secara keseluruhan perangkat ini cukup memukau.

Spesifikasi



Perbandingan




Aldrin Symu


 
PROFESSIONAL SERVER
HashFlare

Top News