5 cara praktis menanam bawang putih di POT





cara praktis menanam bawang putih di POT atau polybag dihalaman rumah.
Bawang putih ini bermanfaat untuk mencegah hipertensi, zat anti kanker, serta mampu menurunkan berat badan.Pembudidayaannya pun dilakukan dalam jumlah besar. Untuk pembudidayaannya sangat mudah dan mudah murah meriah. Hanya butuh lahan dan bawang putihnya saja.
Namun untuk pemula yang ingin mencoba menanamnya dan tidak memiliki tanah yang luas, coba tanam menggunakan wadah seperti pot atau polybag saja. Kualitas bawang putih di hasilkan sama dengan yang di tanam di lahan luas.

Berikut beberapa langkahnya:
1. Tentukan waktu persiapan
Untuk menanam bawang putih memiliki waktu khusus yang disarankan yaitu di musim semi atau musim gugur.
2. Siapkan media tanam
Siapkan beberapa siung bawang putih yang masih segar.
Dengan cara ini ada 2 cara yang bisa dipilih, yaitu pertama dengan menggunakan bawang putih bertunas. Agar bawang putih bertunas, simpan bawang putih tersebut di dalam kulkas selama 1 hingga 2 minggu hingga kecambahnya tumbuh. Yang kedua, bawang putih tanpa tuna. Dikupas kulit luarnya. Kupas seperti saat ingin mengolahnya menjadi masakan.
Siapkan tanah untuk menanam bawang putih.
Tanah yang dibutuhkan adalah tanah yang bercampur dengan pasir. Jangan menanamnya di tanah liat, karena bawang putih tidak suka tanah itu. Untuk kombinasi terbaik, gunakan tanah ditambah pasir dan juga pupuk kandang.
Siapkan wadah budidaya, yaitu polybag atau pot.

3. Penanaman
Masukkan tanah pada polybag
Tanam bawang putih sedalam 2 sampai 3 cm di tanah yang sudah ada di dalam pot atau polybag. Pastikan ujung bawang yang mengarah ke atas agar arah tumbuhnya ke atas, bukan ke samping.

4. Perawatan
Agar bawang putih dapat tumbuh dengan baik dan segar, cara menanam bawang putih dan merawatnya perlu diperhatikan. Pastikan kebutuhan udara dan nutrisi sinar matahari dari bawang putih telah terpenuhi. Pasalnya bawang putih ini butuh air dan sistem irigasi yang tepat.
5. Panen
Biasanya masa panen bawang putih disesuaikan dengan varietasnya masing-masing. 90-120 hari.

source

2 Replies to “5 cara praktis menanam bawang putih di POT”

Comments are closed.